Rabu, 01 Februari 2012


Kru KRI Dewa Ruci Silahturahmi ke Penjabat Gubernur Papua

PASIFIC POST, JUMAT, 27 JANUARI 2012 09:52



Jayapura,– Provinsi Papua mendapat kunjungan kehormatan KM. Dewa Ruci yang tiba hari Rabu (25/1) kemarin di Pelabuhan Laut Porasko Jayapura.
Setibanya di Jayapura, kapal yang melegenda di Indonesia ini, langsung menyedot perhatian masyarakat yang berbondong-bondong ingin melihat dari dekat seperti apa isi dari kapal yang bakal berkeliling dunia tersebut.

Dengan di Komandani Letkol Laut Haris Bima, kapal tersebut direncanakan lepas landas keluar dari perairan Papua pada hari Sabtu mendatang. Namun, sebelum bergegas Komandan KRI Dewa Ruci, Letkol Laut Haris Bima dengan didampingi Wadan Lantamal X Jayapura, Kol Laut (P) Imron Junaedi, melakukan silahturamhi ke Penjabat Gubernur Provinsi Papua, DR. Drs. H. Syamsul Arief Rivai,MS, Kamis (26/1) di ruang kerja Gubernur.
“Jadi, kunjungan kesini kami mengantar komandan KRI Haris Bima bertamu dalam rangka kunjungan KRI Dewa Ruci di Papua. Ini wilayah NKRI terakhir yang disinggahi dan habis ini langsung singgah ke pelabuhan di luar negeri. Dan pertemuan didalam ruang Gubernur intinya kamin silahturahmi saja lalu diterima 5-10 menit dan tukar- menukar cinderamata,” jelas Wadan Lantamal X Jayapura, Kol Laut (P) Imron Junaedi, kepada pers, usai bertemu Gubernur Papua.
Sementara itu, Komandan KRI Dewa Ruci, Letkol Laut Haris Bima kepada wartawan mengatakan bahwa pihaknya melakukan kunjungan kehormatan yang selalu dilakukan setiap kali kapal (KRI Dewa Ruci) singgah atau sandar pada satu daerah.
“Kunjungan ini juga merupakan sebuah permohonan ijin sekaligus meminta restu dari Gubernur buat kita untuk pergi keluar ke daerah dari NKRI,” terangnya.
Ia mengatakan, pada hari Sabtu mendatang pihaknya berharap agar Penjabat Gubernur Papua dapat menghadiri acara cocktail party serta melepas KRI Dewa Ruci keluar dari perairan laut Indonesia.
“Namun apakah beliau (Gubernur) akan hadir di acara cocktail party dan pelepasan kapal nanti, belum ada kepastian dan kita hanya berharap,”ujarnya.
Sementara mengomentari keberadaan pulau Papua, Komandan KRI Dewa Ruci memuji keindahan pulau Papua yang memiliki karakteristik khas dengan budaya dan masyarakatnya yang ramah.
“Selama ini saya juga sudah sering ke Papua, dan komentar saya tentang daerah ini cukup bagus dan kondusif suasananya. Masyarakat juga sangat antusias buktinya banyak warga yang menuju ke kapal.
Banyak sekali interaksi antara masyarakat dengan kita dan kami sangat senang sekali,” tukasnya.
Sekedar diketahui, KRI Dewa Ruci dilepas pada tanggal 15 Januari oleh Kasal dan Wakil Menteri Pariwisata dari Surabaya dan tiba di Jayapura, Rabu kemarin.
KRI Dewa Ruci dijadwalkan lepas dari perairan Papua pada hari Sabtu mendatan, menuju Honolulu, San Diego, Meksiko, Panama, Pantai Timur Amerika, menyebrang ke Atlantik, Eropa, Arab dan kembali ke Indonesia yang ditargetkan pada 17 Oktober mendatang. Sesuai perjalanan tersebut akan memakan waktu selama 10 bulan atau 277 hari.

Laporan: Bams

Tidak ada komentar:

Posting Komentar