Rabu, 21 Maret 2012

KRI DEWARUCI PERSEMBAHKAN TARI BADINDING DI SAN DIEGO USA


 
Setelah berhasil mengarungi Samudra Pasifik, KRI  Dewaruci yang melaksankaan pelayaran Kartika Jala Krida 2012 tiba di San Diego USA dan disambut meriah oleh warga setempat di Dermaga Pelabuhan Embarcadero, Komplek Museum Maritim San Diego USA, Jumat (16/03). Dalam kunjungannya di San Diego kali ini, para personel KRI Dewaruci mempromosikan kebudayaan Indonesia dengan mementaskan tarian Badinding yang digelar di atas geladak kapal dan ditonton oleh ratusan pengunjung yang hadir disana. 
Diawali dengan pengalungan karangan bunga kepada Komandan KRI Dewaruci Letkol Laut (P) Haris Bima Bayuseto, para personel KRI Dewaruci ini mempertunjukan kebolehannya membawakan tarian adat asal propinsi Padang Sumatra Barat tersebut, dimana  memang tarian ini dipersembahkan guna menyambut para tamu dan pengunjung yang hadir. Kedatangan KRI Dewaruci sendiri sudah sangat dinantikan, mengingat kapal buatan tahun 1953 tersebut masih eksis pada kejuaraan-kejuaran layar dunia serta selalu melaksanakan pelayaran muhibah pada setiap tahunnya.
Selain warga setempat, kehadirian KRI Dewaruci juga sudah sangat dinantikan oleh ratusan WNI yang berdomisili disana, “prajurit TNI AL di Dewaruci sangat profesional  dalam menghibur WNI yang memang sudah lama rindu akan tanah airnya, dengan melihat kesenian ini kami sangat merindukan pulang ke tanah air karena sudah puluhan tahun tidak pernah pulang”, ujar salah seorang WNI yang hadir di atas geladak kapal.
Turut hadir saat menyambut kedatangan KRI Dewaruci para pejabat Indonesia yang ada di USA, antara lain Atase pertahanan Laut RI untuk USA Kolonel Laut (KH) Anwar Saadi, Konjen RI   Los Angeles Bpk Hadi  Martono, serta hadir pula Wakil Komandan Pangkalan US Navy San Diego Kolonel  Patricia Witherspoon.   
Rencananya kedatangan KRI Dewaruci di USA guna mengikuti lomba layar di beberapa kota, antara lain di New Orleans, Miami, Charleston, New York,  Baltimore dll. Rangkaian acara ini merupakan kegiatan dalam menyambut hari Kemerdekaan Amerika Serikat (4 Juli 2012). Pada 2007 yang lalu kapal ini juga pernah hadir di event yang sama, dimana ketika itu kegiatan dalam rangka menyambut hari Kemerdekaan USA terpusat di kota New Port.
KRI Dewaruci yang diawaki 77 personel TNI AL, sebelumnya bertolak dari tanah air pada 15 Januari 2012, dan akan berlayar keliling dunia sekaligus mengemban misi pariwisata Indonesia hingga Oktober mendatang, dan diperkirakan  keberadaan KRI Dewaruci di USA hingga  11 Juli 2012,  sebelum melanjutkan perjalanannya keliling dunia menuju  benua Eropa.
Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut. 
Dispenal Mabesal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar