Selasa, 27 Maret 2012

KRI Dewaruci Tiba di Meksiko



JAKARTA (Pos Kota) – Setelah menerobos dahsyatnya ombak dan badai yang cukup besar di Samudera Pasifik sejak bertolak dari Jayapura 60 hari yang lalu, serta berkesempatan singgah di Republik Marshall, Hawaii dan San Diego yang berada di kawasan perairan tersebut, Kapal Latih TNI AL KRI Dewaruci akhirnya tiba di Meksiko Senin 26 Maret 2011 pukul 09.00 waktu setempat.
Samudera Pasifik telah diprediksi merupakan etape terberat dalam misi pelayaran Astronomi Operasi Kartika Jalakrida dan Muhibah KRI Dewaruci tahun 2012 ini, dan benar-benar terbukti, di mana  sepanjang   perjalanannya Kapal Latih Kadet Akademi   TNI AL di hantam ombak besar, badai dengan kecepatan angin  mencapai 30 knot/jam yang selalu menghadang di depannya. Kesemua rintangan dapat diatasi, berkat semangat  yang menggelora prajurit-prajurit  pilihan yang mengawaki kapal ini, bahkan dari pemimpin TNI AL melalui telepon satelit kapal, juga selalu memberi suport  agar lebih semangat pantang menyerah dalam melaksanakan tugas. .
Setibanya di Meksiko, Komandan  KRI Dewaruci Letkol Laut (P) Haris Bima Bayuseto  di sambut Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Mexico Hamdani Djafar beserta Ny.Titi Suharyati Djafar dan staf kedutaan, Komandan Angkatan Laut Wilayah 6 Manzanillo Rear Admiral Jaimc Mejra Michel, Walikota Manzanillo Ibu Rosario Yeme Lopez dan Wakil Gubernur Colima Lic Rene Rodriquez Herera, serta masyarakat kota Manzanillo yang turut hadir dalam upacara  penyambutan yang dilaksanakan di dermaga Pelabuhan Manzanillo.
Sesaat setelah upacara penerimaan di dermaga, rombongan  menaiki kapal KRI Dewaruci untuk  menikmati suguhan kesenian  andalan tari Badinding yang di tampilkan oleh prajurit  KRI Dewaruci dengan pakaian adat Minang Kabau.
Selama di Mexico, beberapa kegiatan sudah tersusun antara lain, kunjungan kehormatan ke Komandan Angkatan Laut Mexico (Navy Region VI) di Manzanillo, diteruskan ke Panglima Armada Pasifica, Walikota Manzanillo, dan diakhiri dengan kunjungan ke Gubernur Columa.
Sementara itu, prajurit KRI Dewaruci di saat bersamaan mengadakan pertandingan persahabatan sepak bola di Base Naval Manzanillo dengan Angkatan laut setempat dengan hasil 6-4 untuk kemenangan Angkatan Laut Manzanillo.
Kujungan Komandan Dewaruci didampingi oleh Dubes RI Meksiko Hamdani Djafar dan Atase Pertahanan Laut RI untuk Amerika Serikat Kolonel Laut (KH) Anwar Saadi. Kunjungan pertama di Pangkalan Angkatan Laut Wilayah 6 Manzanillo diterima Komandan Pangkalan  Rear Admiral Jaime Mejra Michel. Kunjungan diakhiri dengan pemberian cinderamata oleh Dubes dan Komandan KRI kepada Komandan Pangkalan Wilayah 6 Manzanillo. Kemudian diteruskan kunjungan ke Panglima Armada Pasifik  Rear Admiral Fretelin dan sfatnya.
Berikutnya, kunjungan ke Walikota Manzanillo yang di terima oleh Rosario Yame Lopes dan kunjungan di akhiri di Gubernur Coloma yang di terima oleh Mario Anguiano. Dalam setiap kunjungannya, baik Dubes maupun Komandan KRI Dewaruci selalu disambut baik karena adanya kerjasama harmonis di bidang diplomatik, perdagangan, pengenalan pariwisata tanah air, budaya dan ke ke depan akan dijajaki oleh Dubes untuk diadakannya kerja sama dalam pendidikan, sehubungan di Mexico ada Universitas Asia Pasifik yang memungkinkan mahasiswa Indonesia untuk bisa melanjutkan kuliah di kampus tersebut.
(dispenal/sir)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar