Sabtu, 03 Maret 2012

KRI Dewaruci Tinggalkan Hawaii


Tomi Sujatmiko | Jumat, 2 Maret 2012 
Haris Bima Bayuseta (kanan) menjelaskan KRI Dewaruci kepada Teff James (tengah). (Foto:Istimewa)
HAWAII (Kedaulatan Rakyat Jogja.com) - Komandan Pangkalan US Navy di Pearl Harbour Captain Teff James, Kamis (1/3/2012) waktu setempat mengunjungi KRI Dewaruci dan diterima oleh Letkol Laut (P) Haris Bima Bayuseta didampingi para perwira lainnya. Captain James berkesempatan melihat seluruh bagian kapal latih kebanggaan TNI AL ini.
Dalam surat elektronik Dinas Penerangan TNI AL kepada KRjogja.com, Jumat (2/3/2012) Captain James dijelaskan tentang kiprah KRI Dewaruci yang ikut pelayaran keliling dunia dan lomba Tall Ship di AS dalam rangka HUT negara adidaya itu. Selain itu menyaksikan tingginya Tiang Bima, haluan dan navigasi termasuk melihat foto Mantan Komandan KRI Dewaruci. Sebelum mengakhiri kunjunganya, kedua Komandan saling bertukar cinderamata dalam rangka jalinan kerjasama antara TNI AL dan US Navy.
Kegiatan lainnya, Komandan KRI Dewaruci dan beberapa perwira megunjungi USS Reuben James 57 yang sama-sama bersandar di Pearl Harbour. Turut mendampingi Atase Laut untuk Amerika Serikat Kolonel Laut( KH ) Anwar Saadi dan diterima oleh komandan CDR Daniel  W. Valavcho.
"Saya mengucapkan terimakasih atas bantuan USS Reuben yang memberi bantuan BBM di Samudera Pasifik beberapa waktu lalu. Danm berpamitan karena KRI Dewaruci akan meninggalkan Hawaii," tegas Letkol (P) Haris Bima Bayuseta.
Letkol Haris menjelaskan KRI Dewaruci akan menuju San Diego sehingga harus mengisi penuh seluruh tangki BBM, air tawar dan bahan pangan selama perjalanan sepanjang 2275 mil laut ini.
"Apabila kecepatan kapal bisa 7 knot maka akan memakan waktu 14 hari. Tapi kalau kecepatan seperti saat akan menuju Hawai bisa lebih dari 18 hari. Kami tidak akan mengulangi kesalahan dengan kehabisan BBM dengan menyiapkan total 58.900 liter dengan asumsi sehari menghabiskan 3.272,2 liter.
"Kami berharap cuaca  di Samudera Pasifik ke depan akan lebih bersahabat sehingga perjalanan kapal dapat berjalan sesuai targetnya dan bisa datang di sasaran even  tepat waktu," tandasnya. (Tom)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar