Selasa, 19 Juni 2012

150 HARI PERJALANAN, KRI DEWARUCI SAMPAI DI BALTIMORE, AS

 
Genap 150 hari pelayaran Kapal Latih TNI AL, KRI Dewaruci meninggalkan Surabaya, hari Rabu (13/06/12) pukul 16.00 waktu setempat tiba di Baltimore, Amerika serikat.Dalam satu hari satu malam perjalanan dari tempat sandar sebelumnya yaitu Norfolk dengan jarak 200 mil, kecepatan kapal 8 sampai 9 knot.
Kapal layar dengan panjang 58.30 meter, lebar 9.50 meter yang dikomandani Letkol Laut (P) Haris Bima Bayuseto tersebut selalu melakukan parade rool ketika akan merapat di dermaga dan iringan Genderang Suling (GS) para awak kapal dengan pakaian adat melambaikan tangan membalas ratusan lambaian tangan warga yang menyambut.
Riuh suara kagum tak dapat dielakkan lagi dari orang yang sudah menunggu di dermaga melihat penampilan GS, ketika kapal sudah merapat terlihat para pengunjung kurang puas maka GS langsung turun dari kapal dan melanjutkan penampilannya di Dermaga dekat kapal sandar. Pejabat yang menyambut antara lain Atase Laut RI untuk Amerika Serikat, Kolonel Laut (KH) Anwar Saadi, Perwakilan US Navy, Panitia Opsail 2012di Baltimore, warga Indonesia yang berdomisili di Baltimore dan ucapan selamat datang dari Kadet AAL dengan yel-yelnya yang menambah meriah suasana siang yang panas. Tak luput dari sorotan kamera wartawan yang sudah onboard satu jam sebelumnya yaitu dari media online “Bmore”, Julekha dan beberapa wartawan lainnya antara lain Voice Of Amerika (VOA), Pipit.
Selama enam hari kedepan KRI Dewaruci sandar di Inner Harbour, Pier 1, Baltimore, Amerika Serikat akan mengikuti beberapa kegiatan diantaranya Briefing dengan Today Show Television, Captain Briefing Arrival, Resepsi HMCS Iroquois, US Navy Academy (USNA) dan Washington Visit, Penampilan Kesenian, Welcome Ceremony, Flag House Luncheon, Flag Day Ceremony-200 Years, undangan resepsi di kapal layar lain peserta Operation Sail (Opsail 2012), Kunjungan dari Pejabat Kedutaan, TNI AL, Kementerian Pariwisata Ekonomi dan Kreatif (Kemparekraf), Fleetex Pre-Sail Conference, Cocktail Party di KRI Dewaruci, pertandingan olahraga, Marching Band Genderang Suling Gita Jala Taruna Kadet AAL tingkat II dan Kesenian di Amphitheatre Inner Harbour, Fireworks, Crew Party, 200th Anniversary Ceremony From Enemies to Allies dan Openships.
Kehadiran kapal latih TNI-ALyang dibuat pada tahun 1952 oleh HC Stulchen dan Sohn Hamburg, Jerman di Baltimore ini masih dalam rangkaian Opsail 2012 Virginia dalam rangka 200 Tahun Perang Besar (200th Anniversarry of the War). Selanjutnya kapal akan meneruskan perjalanan menuju Boston, Amerika Serikat pada tanggal 19 Juni 2012.
Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar