Senin, 11 Juni 2012

DI KRI DEWARUCI KADET BAPTIS SESAMA KADET



Norfolk, 06 Juni 2012
Pelayaran KRI Dewaruci dalam keliling dunia 2012 membuka sejarah baru dimana pembabtisan Kadet sebagai warga KRI Dewaruci dilaksanakan oleh sesama kadet, (8/6) hal tersebut  berlangsung  saat Kartika Jala Krida  Kadet Akademi TNI Angkatan Laut angkatan ‘59 dimana kadet korps pelaut membabtis 17 kadet korps Teknik dan   10 kadet Elektronika meskipun mereka satu angkatan di Akademi Angkatan Laut Bumimoro Surabaya.

Komandan KRI Dewaruci Letkol Laut (P) Haris Bima Bayuseto  memimpin langsung jalannya pembabtisan di dampingi  Komandan Latihan KJK USA  Letkol Laut (P) Anwar Baharudin,S.T. saat kapal berlayar dari New York menuju Norfolk,  pada posisi  37 ͦ   23’ 00” U dan 073 ͦ  53’ 00” B.

Para kadet yang bertugas adalah kadet Korps pelaut yang sebelumnya sudah menjadi warga Dewaruci  satu bulan sebelumnya. Bertindak sebagai Bima sersan kadet (P) Dias.P,dibantu para punggawa sersan kadet (P) Fajar H, sersan kadet (P) Faisal, sersan kadet (P)Glegar, sersan kadet (P) Sumarsono, sersan kadet (P) Dwi Prasetya dan  para kadet korps pelaut lainnya serta di bantu beberapa Prajurit KRI Dewaruci yang turut aktif mendampingi pelaksanaan tersebut.

Pembabtisan kadet korps Teknik dan Elektro dimulai dari dalam kamar tidur KRI DWR hingga geladak utama dengan merayap sambil sesekali disirami air laut oleh para punggawa  dari rekan seangkatannya sendiri. Sesampainya di geladak mereka wajib merayap mengelilingi kapal , kemudian menaiki tiang Bima dihaluan kapal untuk mengambil nama babptisnya yang sudah di siapkan di bordes.Nama babtis inilah yang dipakai laporan kepada  Sang Bima sebagai puncak pembabtisan.

Kebijakan komandan KRI DWR untuk menyerahkan pembabtian kepada para kadet tersebut juga sebagai pembelajaran kepada kadet  korps pelaut agar suatu saat bila sudah di lantik menjadi perwira tidak canggung-canggung lagi dalam melaksanakan pembabtisan kepada anggota lainnya.

Pelayaran Kartika Jala Krida kadet  AAL angkatan ‘59 korps teknik dan elektronika on board di kapal sejak 28 Mei saat kapal berada di New York untuk bergabung dengan korps pelaut yang menurut rencana  akan mengikuti pelayaran menuju Norfolk , Baltimore dan Boston  hingga akhir bulan Juni 2012 akan kembali ke tanah air untuk melanjutkan  pendidikan di Akademi TNI Angkatan Laut Surabaya.

Keberadaan kadet di kapal sebagai tempat untuk mempraktekan beberapa teori yang sudah di peroleh di bangku kuliah di AAL sekaligus menambah ilmu  pengetahuan yang di berikan oleh para perwira kapal yang belum pernah di dapatkan di kampus AAL sehingga di kemudian hari para kadet ini  apabila sudah lulus menjadi seorang perwira matra laut   profesional yang handal,  berbudi  dan  siap melaksanakan tugas sesuai dengan tanggung jawabnya khususnya dalam menegakkan kedaulatan NKRI . (Dispenarmatim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar