Senin, 11 Juni 2012

UJIAN TERTULIS DAN PAPARAN KADETAAL TINGKAT II DILAKSANAKAN DI KRI DEWARUCI MENDEKATI NORFOLK (USA)

 
Kapal latih milik TNI AL KRI Dewaruci yang sejak 5 Juni 2012 telah lego lima mil dari daratan Norfolk, Amerika Serikat dalam rangka melaksanakan operasi Kartika Jala Krida (KJK) tahun 2012, Rabu (06/06/2012) melaksanakan Kegiatan ujian tertulis mata pelajaran Keperwirajagaan untuk para Kadet Tingkat II Akademi Angkatan Laut (AAL).
Ujian dilaksanakan selesai apel pagi pukul 09.00 waktu setempat dilanjutkan dengan istirahat selama 15 menit dan ujian tertulis kedua yaitu mata pelajaran PDD Khas TNI AL.
Materi ujian Keperwirajagaan diantaranya meliputi pengertian, tujuan, tanggung jawab, struktur organisasi,  tindakan harus dilaksanakan dan waktu. Para kadet harus menjelaskan dengan uraian di lembar jawaban dengan tujuan tidak hanya menghafal dari materi yang diajarkan akan tetapi mengerti dan mengetahui tindakan yang harus dilaksanakan. Menanamkan pengertian perwira jaga agar tidak hanya hafalan sesuai materi akan tetapi kadet juga melaksanakan praktek langsung di kapal secara bergantian sesuai jadwal jaga masing-masing setiap harinya. Sedangkan materi ujian PDD Khas TNI AL antara lain meliputi maksud dan tujuan, organisasi di TNI AL, penghormatan kapal, upacara pengibaran bendera, etika perwira di kapal.
Kedua ujian tertulis tersebut masing-masing mempunyai lima soal uraian dan harus dijelaskan secara detail dengan waktu masing-masing 60 menit, satu point soal mempunyai bobot nilai 20, total nilai adalan 100. Tujuan ujian tertulis ini adalah mengetahui sejauh mana penyerapan teori yang diberikan selama proses belajar mengajar, sedangkan prakteknya dilaksanakan secara langsung setiap hari di KRI Dewaruci. “selain mengisi nilai sebagai syarat kelulusan ke jenjang berikutnya, yang lebih penting adalah kadet dapat mengetahui, mengerti dan mempraktekkan tidak hanya teori yang dihafalkan saja”, jelas Komandan Latihan KJK tahun 2012, Letkol Laut (P) Baharudin Anwar, S.T. selesai ujian tertulis di geladak kapal.
Sore harinya kadet yang dibagi menjadi tiga kelompok yaitu divisi A, B dan C melaksanakan paparan di hadapan Komandan KRI Dewaruci, Letkol Laut (P) Haris Bima Bayuseto, Komandan Latihan KJK tahun 2012 dan perwira kapal lainnya tentang merapatnya KRI Dewaruci di Norfolk dan di Baltimore. Waktu paparan tiap-tiap kelompok adalah 20 menit, meliputi antara lain kondisi dermaga, cuaca, pasang surut air laut, kondisi perekonomian masyarakat, koordinasi dengan pihak dermaga dan pemerintah setempat serta dengan Duta Besar/Konsul Jenderal/Atase Laut Indonesia di negara tersebut. Penilaian juga tata cara penyampaian paparan, penguasaan materi, gaya bahasa, gaya tubuh sesuai dengan materi Cara Memberi Intruksi (CMI). “Metode pembelajaran seperti paparan ini penting dilaksanakan karena akan selalu digunakan di jenjang pendidikan berikutnya”, Jelas Komandan KRI Dewaruci. “Dan akan digunakan terus dan diaplikasikan sampai menjadi perwira TNI AL”, tambahnya.
Disamping pelaksanaan ujiantertulis dan paparan dilaksanakan juga  kegiatan-kegiatan lainnya, antara lain olah raga, latihan Genderang Suling (GS), latihan kesenian, Pembinaan Mental (Bintal), Pembinaan Fisik (Binsik) dan tetap rutin melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Kapal kebanggan TNI AL ini akan sandar di Norfolk pada tanggal 8 Juni 2012 kemudian pada tanggal 12 Juni 2012 akan melanjutkan pelayaran ke Baltimore, Amerika serikat.
posted @ Friday, June 08, 2012 12:51 AM by Dispenal Mabesal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar