Sabtu, 21 Juli 2012

KRI Dewaruci Gelar Coctail Party di Canada



St.Johns,(13/7)
KRI Dewaruci yang sedang berlabuh di Pier 9 St John’s  Canada , (13/7) menyelenggarakan coctail party yang dipimpin langsung oleh Duta Besar RI  Otawa Canada Ibu Dienne Hardianti Moeharso dan dihadiri oleh Gubernur  Newfounland & Labrador dan WNI yang berada di kota St John’s.

Coctail Party yang diselenggarakan diatas geladak kapal latih kadet AAL merupakan salah satu rangkaian kegiatan menyambut  ulang tahun yang ke-60 hubungan bilateral Indonesia – Canada. Undangan yang hadirpun diutamakan  kepada seluruh pejabat yang terkait di pemerintahan Canada bersama-sama warga negara Indonesia yang berada di Canada, baik yang sedang menempuh pendidikan, pekerja  maupun staf Konjen Toronto.

Dubes RI Canada pada kesempatan tersebut mengucapkan banyak terima kasih kepada perwakilan pemerintah Canada, yakni Gubernur Newfoundland & Labrador John Crosbie yang hadir bersama-sama istrinya, dimana kerja sama kedua negara yang sudah berlangsung lebih dari setengah abad ini berjalan dengan sangat baik. Ke depan  tentunya masih akan di tingkatkan lagi terutama di sektor ekonomi maupun teknologi, karena Canada merupakan negara yang sudah maju dengan pesat sekali akan teknologinya.

KRI Dewaruci dengan komandannya Letkol Laut (P) Haris Bima Bayuseto sebagai tuan rumah acara coctail party pada kesempatan tersebut menampilkan seluruh kesenian yang melibatkan hampir separuh lebih prajuritnya . Kesenian yang di tampilkan mulai dari Tari Rantak, Badinding, Remo, Tari perang Papua dan Reok Ponorogo.

Prajurit-prajurit KRI DWR   tampil prima tanpa sedikitpun melakukan kesalahan pada saat tampil di hadapan undangan yang memadati geladak kapal. Bahkan, di dermaga penuh pengunjung yang juga ikut menyaksikan pertunjukan kesenian tersebut ber sorak-sorai sambil sesekali  larut dalam joget ria bersama-sama tim kesenian. Mereka tidak menduga bahwa semua kesenian tersebut di tampilkan oleh prajurit-prajurit KRI Dewaruci.

Inilah sisi kelebihan prajurit Dewaruci, di samping mampu menjalankan tugas sebagai seorang prajurit matra laut, mereka juga mampu menyuguhkan kesenian tradisional yang di miliki Republik ini, sehingga di setiap kota yang di singgahi merupakan ajang memperkenalkan budaya Indonesia sehingga merah putih akan lebih di kenal di luar negeri. Sebagai duta Bangsa, KRI Dewaruci sangat tepat sebagai sarana  diplomasi karena kapal ini lebih familier.

Setelah singgah selama tiga hari di Canada, siangnya  KRI Dewaruci akan melanjutkan perjalanan keliling dunia menuju Portugal. Perjalanan panjang menembus Samudera Atlantik,  dari Canada menuju Portugal akan memakan waktu selama 12 hari dengan jarak 1.950 Nmil dan kapal kecepatan rata-rata 7 knot  dan diharapkan KRI Dewaruci akan tiba di Portugal tanggal 26 Juli mendatang.. (Dispenarmatim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar