Minggu, 08 Juli 2012

UJIAN AKHIR KJK 2012 KADET AAL’ 59 DI BOSTON USA


 
Menjelang berakhirnya program Kartika Jala Krida  2021 USA Kadet Akademi TNI  AL Angkatan  59,(30/6) melaksanakan ujian conperhensif untuk korps Pelaut, Teknik dan Elektronika berlangsung di geladak utama KRI Dewaruci  yang sedang lego jangkar di pearairan  Teluk Massachussetts.

Komandan KRI Dewaruci Letkol Laut (P) Haris Bima Bayuseto sengaja mengkondisikan kapal lego jangkar guna menunjang berlangsungnya ujian bagi kadet AAL Angkatan ‘ 59 pada  posisi   42 ͦ   24’ 30” U dan 70 ͦ  47’ 04” B lokasi Teluk Massachussets depan pelabuhan kota  Boston.

Pelaksanaan ujian tersebut dimulai  jam 08.30 hinggga 12.00 , istirahat sholat Jum’at kemudian dilanjutkan  pada jam 13.00 hingga 18.30  meliputi  beberapa materi antara lain :  kebaharian, meteorologi, komunikasi, elektronika,  logistik/ administrasi, astronomi, nafigasi datar, keperwiraan/ PUDD/ PHST dan permesinan.

Tim penguji terdiri dari  gabungan perwira KRI Dewaruci dan Perwira Satgas KJK 2012  dari AAL. Dalam kesempatan tersebut baik Komandan KRI Dewaruci maupun Komandan Latihan (Dan Lat ) KJK  terjun langsung mengawasi jalannya ujian meskipun  situasi dalam keadaan cuaca yang kurang mendukung/ hujan gerimis dan udara dingin mencekam semenjak pagi hari hingga siang hari. Namun karena tuntutan waktu harus selesai hari itu. maka pelaksanaan tetap berlangsung dan ujianpun berakhir tepat waktunya.

Pada malam harinya  seluruh  Satgas KJK 2012 USA mengadakan malam akrap bersama  seluruh Perwira , Bintara dan Tamtama KRI Dewaruci, diawali dengan sambutan oleh Komandan KRI DWR, Komandan Latihan dan pada puncaknya  di tampilkan kreaktifitas kadet yang menampilkan berbagai kesenian yang sudah di rancang sebelumnya.

Gelak tawa para kadet seakan melupakan apa yang telah terjadi selama mengikuti KJK yang penuh kegiatan, sangat menguras tenaga dan fikiran , itulah kesan yang dapat disamapaikan . Disinilah di KRI Dewaruci para kadet benar-benar diuji kemampuan  fisik dan mentalnya oleh perwira pengasuh yang dengan sengaja menggebleng mereka agar dapat mewujutkan / menciptakan perwira-perwira yang handal, profesional yang bermartabat.
Diakhir acara di berikan penghargaan kepada kadet yang berhasil lulus dengan nilai terbaik, dari korps pelaut  sersan kadet  Egisya, korps  teknik  sersan kadet M Fadilla dan korps Elektronika sersan kadet  Randika serta Pengasuh terfavaforit  hasil poling oleh kadet terpilih Mayor Laut (P) Suroto yang kesehariannya selaku Kepala Departemen Operasi KRI Dewaruci. Dari ke tiga kadet yang berhasil mencapai nilai terbaik di korpsnya maka korps teknik ( sersan kadet M Fadilla) keluar sebagai  juara umum/ nilai yang terbaik KJK 2012   dan mendapatkan tambahan hadiah dari komandan KRI DWR.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar