Rabu, 18 April 2012

107 MIL DEWARUCI MENYUSURI SUNGAI MISISIPY



New Orlens,(17/4)
KRI Dewaruci dalam perjalanan  keliling dunia saat ini berada di New Orlinens USA (17/4)  setelah perjalanan panjang  dari Manzanillo Mexico melewati terusan Panama sepanjang 3.159 Mil kemudian menelusuri sungai Missisipy untuk mwncapai New Orlens tanpa singgah di Panama .

Komandan KRI Dewaruci Letkol Laut Haris Bima Bayuseto terpaksa melakukan  perjalanan panjang tanpa singgah di Panama sesuai jadwal sebelumnya dikarenakan  mengejar target untuk bisa masuk di New Orlens sesuai jadwal event, dimana di kota ini akan digelar event mulai ( 17- 22 April 2012).

Sungai Misisipy  merupakan sungai terpanjang di Amerika  Serikat memiliki panjang 107 Nm dari  muara hingga kota New Orlens dan memiliki lebar 925 meter. Dengan kondisi seperti ini KRI Dewaruci tanpa kesulitan dapat melewatinya meskipun banyak kapal niaga  lalu lalang keluar masuk. KRI DWR dengan kecepatan 9 knot membutuhkan  waktu  9,3 jam  dari muara sungai hingga kota New Orlens.

Pada saat itu, KRI Dewaruci tidak sendirian masuk, namun bersama  kapal layar  peserta event  lainnya secara beriring-iringan. Setibanya di Kota New Orlens KRI Dewaruci sudah di tunggu ribuan fansnya yang sudah dari pagi menunggu di dermaga Bien Ville dimana kapal akan merapat dekat hotel Sharaton dan Mariot  di  New Orlens USA. Komjen RI Di Huston  Al Busro  Basnur  yang turut menyambut kedatangan KRI DWR di dampingi istri , Atase Laut untuk USA  Kolonel Laut (KH) Anwar Saadi.

Seperti biasanya, sebelum merapat KRI Dewaruci melaksanakan peran parade roll, seluruh prajurit tanpa kecuali melaksakannya. Mereka manaiki tiang Bima , Arjuna dan Yudistira hingga puncak. Prajurit termuda masing-,masing berada di paling tinggi kemudian secara berurutan yang  hingga Bintara Utama  ( Bama )  KRI berada di Geladak Utama. Begitu kapal merapat, Komandan KRI  di terima oleh Konjen dan  istri  beserta stafnya, kemudian di persilahkan masuk untuk menikmati suguhan tarian Rantak yang diperagakan oleh prajurit KRI. Ribuan penonton yang menyambut datangnya Kapal latih Kadet Akademi TNI AL ini turut berkesan dengan penampilan mereka, apalagi ditambah dengan suasana  gemuruh drum band yang di mainkan dari geladak kapal . Prajurit KRI dengan latihan secara intensif selama dalam pelayaran ternyata  membawa hasil yang positif, mereka berhasil tampil sempurna seperti penampilan kadet AAL pada umumnya.

KRI Dewaruci   saat itu juga langsung melaksanakan open ship yang sudah ditunggu oleh  ribuan pengunjung khususnya anak-anak sekolah . Open ship akan berlangsung selama 6 hari hingga 22 April mendatang. (Dispenarmatim)

2 komentar:

  1. Selalu menjadi kebanggaan bahari kita. Hidup KRI Dewaruci, btw kapan istirahatnya tuh kapal ? kasihan kaderisasi kapal lainnya belum jalan kali ya sobat. Salam dari rimbo panti

    BalasHapus
  2. KRI Dewaruci memang jenis kapal latih, disinilah kadet AAL menempa diri sebelum dilantik menjadi perwira TNI AL, tahun ini Dephan sudah merencanakan penggantian KRI Dewaruci ini, jadi ini merupakan pelayaran terakhirnya sebelum pensiun tahun 2013 nantinya...

    BalasHapus