Kamis, 19 April 2012

Membanggakan, Prajurit KRI Naik Pangkat di New Orleans

Rabu, 18 April 2012 17:34 WIB
 
Siraman usai naik pangkat

LENSAINDONESIA.COM: 17 Prajurit KRI Dewaruci terlambat di lantik kenaikan pangkatnya beberapa hari karena  situasi kapal dalam pelayaran akibat keterlambatan informasi dari Pangkalan Surabaya.  Upacara pelantikan kenaikan pangkat  baru dapat dilaksanakan  di perjalanan  dari Panama menuju New Orlens USA, bila Kapal berada di Pangkalan biasanya  pelantikan kenaikan pangkat periode  April dilaksanakan awal bulan .
Bertindak selaku  Inspektur upacara Komandan KRI Dewaruci Letkol Laut (P) Haris Bima Bayuseto dengan komandan upacara Mayor Laut (P) Osben yang kesehariannya  sebagai Perwira Pelaksana (Palaksa ) KRI Dewaruci dengan peserta upacara seluruh Prajurit KRI Dewaruci.
Ke-17 prajurit yang naik pangkat tersebut diantaranya orang 4 Perwira. Ke empat perwira tersebut, yaitu Kepala Departemen Operasi Kapten Laut (P) Suroto  naik pangkat menjadi mayor. Kemudian tiga Pama yang naik pangkat, masing-masing, Kepala Deparemen Bahari  Kapten Laut (P)  Sugeng Haryanto, Kepala Departemen Logistik Kapten  Laut (S) Kustanto , Perwira Devisi  Layar Lettu Laut (P)  Deny serta 5 Bintara dan 8 Tamtama.
Dalam amanatnya Komandan KRI Dewaruci menekankan,   bahwa kenaikan pangkat ini bukanlah  sebuah hadiah dari pemimpin TNI AL, tapi merupakan suatu prestasi kerja yang tinggi selama berkarier, dedikasi dan loyalitas dan tanggung jawab dalam melaksanakan tugas yang di embannya. Kenaikan pangkat juga merupakan  penyegaran   stuktur  organisasi di kapal.
Kenaikan pangkat  bagi prajurit yang sedang  melaksanakan  tugas  di luar negeri  tentu menjadi pengalaman dan kebanggan tersendiri,  karena  hal ini jarang di dapatkan oleh prajurit lainnya. Tapi hal ini tentu  menjadi biasa bagi prajurit Dewaruci karena kapal ini tiap tahun selalu melaksanakan pelayaran / muhibah  ke luar negeri sehingga kemungkinan naik pangkat di luar negeri akan lebih besar.
Kenaikan pangkat  merupakan kebanggaan  bagi setiap prajurit, karena hal tersebut juga akan  meningkatkan kesejahteraan bagi diri dan keluarganya.  Dengan naiknya pangkat, kedepan tentu saja  beban dan tanggung jawab jabatan  akan lebih besar pula.
Seusai pelantikan kenaikan pangkat Inspektur upacara berkenan memberikan ucapan selamat   yang di ikuti oleh seluruh peserta upacara kemudian diadakan upacara adat  berupa memandikan tiga Tamtama yang naik pangkat dari Kelasi Kepala ke Kopral dua. Kemudian di teruskan dengan memandikan  seluruh prajurit yang  naik pangkat dengan disemprot air laut. dispenrtm



Editor: Rosdiansyah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar