Kamis, 19 April 2012

Buktikan Bangsa Maritim, KRI Dewaruci Menyisir Sungai Mississippi


Rabu, 18 April 2012 17:50 WIB
 
KRI Dewaruci menyusuri sungai Mississippi
 
LENSAINDONESIA.COM: KRI Dewaruci dalam perjalanan  keliling dunia saat ini berada di New Orleans USA, Rabu (17/4/2012, waktu AS) setelah perjalanan panjang  dari Manzanillo Mexico melewati terusan Panama sepanjang 3.159 Mil kemudian menelusuri sungai Mississippi untuk mwncapai New Orleans tanpa singgah di Panama.
Komandan KRI Dewaruci Letkol Laut Haris Bima Bayuseto terpaksa melakukan  perjalanan panjang tanpa singgah di Panama sesuai jadwal sebelumnya, dikarenakan mengejar target untuk bisa masuk di New Orleans sesuai jadwal event, dimana di kota ini akan digelar event pada 17- 22 April 2012.
Sungai Mississippi merupakan sungai terpanjang di Amerika  Serikat. Sungai ini memiliki panjang 107 mil dari muara hingga kota New Orleans serta memiliki lebar 925 meter. Dengan kondisi seperti ini KRI Dewaruci tanpa kesulitan dapat melewatinya meskipun banyak kapal niaga lalu lalang keluar masuk.
KRI Dewaruci dengan kecepatan 9 knot membutuhkan  waktu  9,3 jam  dari muara sungai hingga kota New Orleans. Pada saat itu, KRI Dewaruci tidak sendirian masuk, namun bersama  kapal layar peserta event lainnya secara beriring-iringan.
Setibanya di Kota New Orlens KRI Dewaruci sudah di tunggu ribuan fansnya yang sudah dari pagi menunggu di dermaga Bien Ville dimana kapal akan merapat dekat hotel Sheraton dan Marriot di New Orleans USA. Konjen RI Di Huston Al Busro  Basnur  yang turut menyambut kedatangan KRI Dewaruci didampingi istri, Atase Laut untuk USA Kolonel Laut (KH) Anwar Saadi.
Seperti biasanya, sebelum merapat KRI Dewaruci melaksanakan peran parade roll, seluruh prajurit tanpa kecuali melaksakannya. Mereka menaiki tiang Bima, Arjuna dan Yudistira hingga puncak. Prajurit termuda masing-masing berada di paling tinggi kemudian secara berurutan hingga Bintara Utama (Bama) KRI berada di Geladak Utama.
Begitu kapal merapat, Komandan KRI  diterima oleh Konjen dan istri beserta stafnya, kemudian di persilakan masuk untuk menikmati suguhan tarian Rantak yang diperagakan oleh prajurit KRI. Ribuan penonton yang menyambut datangnya Kapal latih Kadet Akademi TNI AL ini turut berkesan dengan penampilan mereka, apalagi ditambah dengan suasana  gemuruh drum band yang dimainkan dari geladak kapal.
Prajurit KRI dengan latihan secara intensif selama dalam pelayaran ternyata membawa hasil yang positif, mereka berhasil tampil sempurna seperti penampilan kadet AAL pada umumnya.
KRI Dewaruci saat itu juga langsung melaksanakan open ship yang sudah ditunggu oleh ribuan pengunjung khususnya anak-anak sekolah. Openship akan berlangsung selama 6 hari hingga 22 April mendatang. dispnrtm





Editor: Rosdiansyah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar