Kamis, 19 April 2012

KRI Dewaruci Disambut Hangat di AS


KRI Dewaruci Disambut Hangat di AS

REPUBLIKA.CO.ID, Kemeriahan menyambut sandarnya KRI Dewaruci di dermaga New Orleans, Amerika Serikat. Sebelum merapat ke dermaga umum kota itu, para awak kapal sudah bersiap. Mereka mengenakan pakaian adat. Selepas acara penyambutan resmi, para pejabat dan undangan memasuki kapal Dewaruci diiringi sajian tari tradisional dari Minangkabau. Pengunjung sangat antusias untuk melihat secara langsung KRI Dewaruci.

Meski suasana turun hujan, mereka tetap bersemangat untuk melihat-lihat kapal dan berfoto bersama ABK. Pengunjung yang datang beragam dari anak-anak hingga orang tua. Sembari berbincang dengan ABK beberapa dari mereka mengutarakan kekagumannya tentang Dewaruci yang tahun ini kembali mengarungi lautan dunia.

Bahkan, beberapa televisi setempat turut meliput kehadiran KRI Dewaruci di New Orlens, seperti Maryland Public Televisi (MPT) dan TV Chanel 4. Televisi lokal Maryland Public Televisi (MPT) sebelumnya sudah memberitakan akan sandarnya KRI Dewaruci di kota ini. Dalam pemberitaannya, mereka memaparkan detail kapal legendaris asal Indonesia itu yang telah mengarungi samudra dunia beberapa kali.

Kehadiran KRI Dewaruci di New Orleans akan diisi berbagai kegiatan hingga Ahad (22/4). Selain menggelar open ship, KRI Dewaruci juga mengadakan resepsi Angkatan Laut Perancis di Germinal, pentas kesenian, dan cocktail party. Selain itu, akan menghadiri juga undangan resepsi di Tall Ship USCG Eagle. Jeda waktu juga diisi dengan koordinasi bersama panitia festival terkait acara dan peraturan teknis seperti koordinasi bekal ulang bahan bakar, logistik, serta air tawar untuk perbekalan.

Tujuan muhibah KRI Dewaruci adalah untuk mempromosikan atraksi budaya dan beragam destinasi wisata Indonesia. Selain itu dalam pelayarannya kali ini juga untuk mengikuti Operation Sail 2012 di Amerika Serikat dalam rangka 200 Tahun Perang Besar (200th Anniversarry of the War).

Redaktur: Endah Hapsari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar