Minggu, 22 April 2012

KESENIAN DEWARUCI RAMAIKAN COCKTAIL PARTY DI NEW ORLEANS


 
KRI Dewaruci hadir di kota New Orleans, Jumat (20/4), dalam rangka mengikuti festival kapal layar yang diselenggarakan pemerintahan Amerika Serikat yang merupakan rangkaian memperingati HUT Kemerdekaannya di tahun 2012, pada malam harinya diselenggarakan cocktail party dengan menyuguhkan berbagai kesenian. Acara tersebut dihadiri para ABK kapal-kapal yang mengikuti festival dan juga oleh instansi pemerintahan setempat dan warga negara Indonesia yang berada di New Orleans.
Kesenian yang ditampilkan prajurit KRI Dewaruci meliputi tari Rampak, tari Badinding, Reok Ponorogo serta tari Remo. Penampilan mereka mendapat sambutan hangat oleh undangan yang hadir, bahkan di dermaga tempat Kapal Latih Kadet AAL ini banyak berjubel penonton yang ingin menyaksikan kesenian adat Republik Indonesia dimana sebelumnya menurut rencana akan tampil di panggung terbuka kota New Orleans, namun karena sesuatu hal akhirnya kesenian tersebut hanya ditampilkan saat coctail party saja.
Sebelum atraksi kesenian, Ketua Perkumpulan warga negara Indonesia Amerika Serikat Ibu Indah mendampingi ketua Perkumpulan Asian/Pasifik di New Orleans Stanley Hamidjaya menyampaikan sambutannya serta mengucapkan selamat datang kepada para ABK KRI Dewaruci di New Orleans, kemudian dilanjutkan sambutan dari Konjen.
Konsulat Jenderal di Huston Al Busra Basnur dalam sambutannya menyatakan bahwa sebenarnya Duta besar RI Untuk Amerika serikat Dr. Dino Patti Djalal rencananya akan menghadiri acara malam ini. Tapi karena ada kepentingan yang tidak bisa ditinggalkan sehingga Bapak Duta Besar  tidak bisa hadir di New Orleans.
Konjen juga menyatakan bahwa KRI Dewaruci yang hadir di New Orleans USA memiliki makna yang sangat strategis dalam membangun kerja sama bilateral antara Indonesia dan Amerika Serikat. Dalam dua tahun terakhir ini kerja sama yang telah dibangun sangat maju pesat sekali terutama kerjasama dalam membangun demokrasi, pendidikan, keamanan/militer.
KRI Dewaruci dalam perjalanannya keliling dunia juga membawa misi diplomasi, di setiap negara yang disinggahi dengan memperkenalkan sosial budaya serta membangun kerjasama dalam bidang ekonomi.
Lebih jauh Konjen menyatakan bahwa Dewaruci dapat digunakan sebagai tolok ukur keberhasilan kerjasama antara Indonesia dan Amerika serikat.
Sambutan selamat datang di New Orleans juga disampaikan perwakilan US Navy dari Operation Comander ESG TWO RDML Anna Phillip, dimana malam sebelumnya KRI Dewaruci juga diundang dalam kegiatan cocktail party di ESG TWO sekaligus menyaksikan kembang api dari atas kapal tersebut.
Diakhir sambutannya Konjen, ketua perkumpulan Asian/Pasik, Operation Comnder ESG TWO RDML Anna Phillip saling tukar cindera mata kepada Komandan KRI Dewaruci Letkol Laut (P) Haris Bima Bayuseto.
(Dispenarmatim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar