Senin, 23 April 2012

SENSASI PENGUNJUNG KRI DEWARUCI DI NEW ORLEANS USA


 
Menginjak hari ke 4 selama singgah di New Orleans  USA, KRI Dewaruci melaksanakan kegiatan open ship, Sabtu, (21/4). Sudah mencapai 29.500 pengunjung yang berhasil dimonitor oleh penjagaan KRI yang selalu siap di geladak kapal sekaligus memandu para pengunjung.
Pengunjung yang hadir dari segala usia, karena kota ini merupakan kota wisata sehingga pengunjung banyak, apalagi sudah ada pemberitahuan sebelumnya bahwa selama berlangsung festival kapal yang mengikuti  yang hadir melaksanakan open ship untuk umum.
Kehadiran Dewaruci sangat mendapat perhatian istimewa, khususnya bagi  siswa-siswa pelajar. Mereka tahu Dewaruci adalah kapal yang jauh-jauh datang dari  Indonesia, dimana  kehadirannya di sini sudah dipublikasikan oleh media cetak/elektronika setempat. Para pelajar ada yang tertarik untuk menaiki tiang Bima yang berada di haluan kapal. Untuk menjaga keamanan, mereka dikawal oleh prajurit KRI, meski para pelajar hanya menaiki 2 hingga 3 meter saja .
Data yang dapat dihimpun pada hari pertama, open ship 2.700 pengunjung, hari ke dua  3.100 pengunjung, hari ke  tiga 4.200 pengunjung dan pada hari ke empat 15.000 pengunjung. Hari  Sabtu hingga jam 16.00 sudah mencapai 4.500 pengunjung, dan pada hari Minggu  diharapkan akan lebih banyak lagi pengunjung  yang akan mendatangi Dewaruci sehingga total pengunjung tentu akan semakin bertambah banyak.
Satu kelebihan yang ditampilkan oleh KRI Dewaruci dalam open ship kali ini, prajurit-prajurit KRI menyajikan permainan Genderang Seruling, meski hanya terbatas personilnya namun cukup menggetarkan Dermaga dimana kapal-kapal layar merapat. Dengan keadaan ini tentu saja mereka berbondong-bondong mengalihkan perhatiaanya ke Dewaruci.
Genderang seruling KRI Dewaruci dengan Mayoret andalannya  Lettu Laut (T) Alfredo Purba yang kesehariannya selaku Perwira Mesin/wakil Kepala Kamar Mesin (Kadep Sin) meski hanya 14 orang ternyata sangat efektif untuk menarik perhatian pengunjung sehingga memadati dermaga  Bean Ville New Orleans dimana KRI Dewaruci merapat.
Para pemandu KRI Dewaruci yang rata-rata sudah fasih berbahasa Inggris juga merupakan salah satu kelebihan kapal ini, disamping mereka yang ramah-ramah. Warga negara Indonesia yang berada di New Orlaens juga banyak yang menyempatkan hadir ke kapal, karena mereka rata-rata sudah rindu akan tanah air Indonesia. Ada yang sekedar cari lagu-lagu Indonesia, lagu daerah-daerah,  dan  lagu lagu populer di tanah air hingga ada yang antar jemput untuk pesiar Prajurit-prajurit Dewaruci.
(Dispenarmatim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar