Minggu, 06 Mei 2012

DEWARUCI SEBAGAI KAMPUS KEDUA KADET AAL



Surabaya, 04 Mei 2012
Kadet Akademi TNI AL Angkatan 59  berada di kampus kedua KRI Dewaruci  dalam rangka melaksanakan  kurikulum  Kartika Jala Krida  bagi kadet tingkat dua  di belahan benua Amerika Serikat selama dua bulan. Para kadet ini mulai on board tanngal 1 Mei 2012 dan bertolak dari Miami menuju Savannah USA. Kadet gelombang pertama korps pelaut akan on board selama dua bulan, sedangkan Korps Suply,  dan Marinir selama satu bulan. Sedangkan untuk Korps Teknik dan Elektronika, akan menyusul menggantikan Korps Suply dan Korps Marinir pada bulan ke dua.

Keberangkatan Kadet dari Surabaya tiba di Bandara  Miami di sambut oleh Atase Laut untuk USA  Kolonel Laut (KH) Anwar Saadi, langsung di bawa menuju KRI Dewaruci yang sudah menunggu di Pelabuhan Miami sejak (28/4).

Komandan KRI Dewaruci LetkolLaut (P) Haris Bima Bayuseto beserta seluruh prajuritnya dengan upacara sederhana tetapi hikmat menyambut kedatangan para kadet AAL. Secara simbolis dilaksanakan  penyerahan sextan  ( alat untuk melihat/ membidik bintang untuk menentukan posisi kapal ) oleh Kadiv Nagi Lettu Laut (P) Mario Marco kepada Sersan Kadet Egistya  Pranda  dan  stick tambur mayor dari   Perwira Mesin  Lettu Laut (T) Alfredo.P kepada Sersan  Kadet  Fajar Huda Al’ala.

Saat Kadet berada di kapal, langsung mendapatkan pengarahan dari Komandan Kapal, pengarahan dari Atase Laut untuk USA dan beberapa perwira kapal. Selang beberapa saat, kapal  kemudian  bertolak menuju Savannah  mengikuti  event Sail USA 2012.

Selama dua bulan  berada di KRI Dewaruci, para Kadet  tingka dua akan di tempa dengan berbagai ilmu sebagaimana di kampus Bumimoro. Korps Pelaut  mendapatkan pengetahuan   Jam Komandan, Pengenalan kapal, Astronomi, navigasi datar, navigasi lingkaran besar, Komunikasi, Peraturan pencegahan tubrukan di laut (PPTL), Komunikasi, peran Layar dan  peran-peran di kapal lainnya serta Peraturan Umum Dinas Dalam Khas TNI AL/ Phst, keperwirajagaan dll.

Sedangkan Korps Supply mendapatkan pengetahuan Jam Komandan. Pengenalan kapal (organisasi dan pembagiaan Pos tempur),  Hak-hak prajurit di KRI dan penyalurannya, renbut persiapan kapal, administrasi komandemen dan sistem adminstrasi, sistem penyimpanan makanan , table manner, pengajuan PJK UUDP, perencanaan menu dan lain-lain.

Korps Marinir mendapat pelajaran Jam Komandan, pengenalan kapal ( organisasi dan pembagian pos tempur) PUDD Khas/ PHST, patroli penyelidikan, patroli tempur dan patroli sektor, keperwirajagaan, penyergapan sungai/ pantai,  raid amphibi dan kesenjataan marinir , embarkasi dan debarkasi pasukan, tali-temali dll.

Dikapal latih ini, para kadet yang terghabung dalam KJK “2012” benar benar dibuat sibuk dengan berbagai macam kegiatan sebagaimana di kampusnya. Latihan drum band menjadi wajib setiap hari, olah raga pagi dengan  lari mengelilingi geladak kapal dan menaiki tiga tiang yang berada di KRI Dewaruci ( tiang bima, tiang arjuna dan tiang Yudistira) menjadi santapan pokok pagi sebelum melaksanakan aktifitas yang lain. (Dispenarmatim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar