Jumat, 04 Mei 2012

KRI Dewaruci Tiba di Savannah, Georgia (USA)

Pelayaran KRI Dewaruci di edisi ke-59 dan usianya yang ke-60 tahun diawaki para kadet Akademi Angkatan Laut (AAL) sebagai pengenalan matra laut sekaligus juga mengusung misi pengenalan budaya dan pariwisata Indonesia ke berbagai penjuru dunia.
Setelah bertolak dari Dermaga Miami sejak Senin (1/5), KRI Dewaruci berikutnya tiba di Dermaga Savannah, Georgia, Amerika Serikat pada Kamis (3/5). Di Savannah, KRI Dewaruci rencananya akan mengikuti lomba layar American Tall Ship Festival yang berlangsung pada 3-7 Mei 2012.
Ritual rutin sandar kapal pun digelar berupa parade rool yang menjadi sajian menarik bagi pengunjung yang hadir. Lambaian tangan pengunjung disambut beberapa kadet yang bergelantungan ditiang tertinggi kapal layar legendaris Indonesia ini. Awak kapal Dewaruci juga nampak gagah dengan beragam kostum, ada yang mengenakan pakaian adat, pakaian dinas upacara,dan pakaian dinas harian khusus.
Komandan KRI Dewaruci Letkol Laut (P) Haris Bima Bayuseto  disambut beberapa pejabat, diantaranya Athase Pertahanan Laut (Athal) Kolonel Laut (KH) Anwar Saadi. Dalam acara seremonial ini disajikan tarian reog ponorogo (Jawa Timur) yang dimainkan ABK serta GS oleh kadet. Berikutnya pejabat dan undangan memasuki kapal Dewaruci dan disajikan kudapan khas Nusantara. 
Singgahnya kapal layar kebanggaan Indonesia ini di Savannah membawa 74 orang Kadet AAL angkatan ke-59yang onboard sejak 1 Mei dari Miami. Para kadet tersebut terdiri dari korps pelaut, suplai, dan marinir. Selain itu, nanti akan ada pula korps teknik dan elektro yang on board saat Dewaruci sandar di New York pada akhir bulan Mei. Pra kadet tersebut akan turut serta hingga awal Juli saat tiba di Boston lalu kembali ke Akademi Angkatan Laut (AAL) di Surabaya.
Selama di kapal, para kadet akan dilatih pengenalan matra laut berupa keterampilan navigasi, astronomi palayaran, dan penguasaan operasional Angkatan Laut.Di bawah Komandan Latihan (Danlat) KJK 2012, Letkol Laut (P) Baharudin Anwar, S.T, mereka juga akan dibekali keterampilan atraksi kesenian daerah.
KRI Dewaruci memiliki layar tiang tinggi dari kelas barquentine yang dibuat tahun 1953 oleh H.C. Stolcken Soch (Jerman). Ada16 layar berbagai ukuran dengan luas layar 1.091 meter persegi tertancap di kapal yang panjangnya 58,30 m, lebar 9,50 m, draft 4,5 m, dan berat 874 ton. Kapal layar tiang tinggi ini merupakan satu-satunya kapal yang dimiliki dan dioperasikan oleh Angkatan Laut Indonesia. Paling tidak sudah 36 misi pelayaran latih dan navigasi astronomi dilakoni KRI Dewaruci.
Muhibah keliling dunia kali rencananya berlangsung sekira 277 hari melintasi empat samudera dan empat benua sejak 15 Januari hingga 16 Oktober 2012.Ada 21 negara di Asia, Afrika, Amerika Serikat, dan Eropa akan disinggahi Dewaruci. Muhibah “Kartika Jala Krida” (KJK)ini akan mencatatkan rekor jarak tempuh terjauh dan waktu pelayaran terlama. Hal itu menjadikan Indonesia sedikit negara di dunia ini yang Angkatan Laut-nya masih mempertahankan tradisi mengarungi lautan dunia dengan kapal layar. Akan tetapi, pelayaran keliling dunia tahun ini sekaligus menjadi yang terakhir karena KRI Dewaruci akan dipensiunkan.

KRI Dewaruci merupakan satu-satunya kapal layar tiang tinggi dari kelas barquentine yang masih melayar dari tiga yang pernah diproduksi. Dua di antara tiga kapal layar seangkatan Dewaruci telah bebas tugas, satu tenggelam di dasar laut dan satunya lagi telah masuk museum.

source : Laporan Kapten Laut (KH) Sapto Budiarso m Indonesia Travel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar