Selasa, 29 Mei 2012

Kadet KRI Dewaruci Menghibur di Times Square, New York, Amerika Serikat

KRI Dewaruci sandar di Dermaga Sullivans, Staten Island, New York, Amerika Serikat pada Rabu (23/5) dengan membawa 77 ABK dan 74 Kadet (Gelombang I). Sebelumnya, kapal layar legendaris Indonesia ini harus melalui beberapa hari di Samudera Atlantik dengan kondisi laut yang diselimuti kabut tebal dan suhu dingin mencapai 14° Celcius.

Awak kapal KRI Dewaruci yang dikomandani Letkol Laut (P) Haris Bima Bayuseto melakukan serangkaian acara menghibur di New York, Amerika Serikat. Salah satunya adalah dengan menggelar panggung hiburan dan artaksi Marching Band Genderang Suling Gita Jala Taruna, tepat di  Times Square atau tepat di tengah kota New York. Sebelumnya, awak KRI Dewaruci berangkat dari USS The Sullivans Pier, 305 Front St., Staten Island, ke Times Square, New York melalui jalan darat selama 1 jam dan tiba atau pukul 13.00 waktu setempat.

Suasana di Times Square terkenal cukup padat dimana menjadi salah satu aktivitas bisnis terbesar di Amerika Serikat. Orang-orang yang tengah lalu lalang di kawasan ini secara tiba-tiba dikejutkan dengan atraksi dari para kadet KRI Dewaruci dari Indonesia. Kadet AAL tingkat II itu seakan menghipnotis suasana kawasan Times Square. Beberapa kendaraan yang melintas bahkan menyempatkan diri berhenti dan memarkir kendaraannya untuk melihat atraksi para kadet KRI Dewaruci.

Penampilan Kadet AAL tingkat II dimulai dengan marching band dilanjutkan rampak gendang yang berkolaborasi bersama band dan tari saman. Penampilan mereka di atas panggung telah disediakan oleh panitia Operation Sail (Opsail) 2012 dengan durasi waktu selama 45 menit. Setelahnya  warga sekitar masih mengerumuni para kadet dengan seragam khas warna-warni beragam. Beberapa warga menyempatkan untuk meminta berfoto bersama.

Warga yang sedang berada di Times Square sangat terhibur dengan atraksi kesenian kadet KRI Dewaruci. Salah satunya seperti diungkapkan warga New York  bernama Jackson (21 tahun), “Saya sangat senang melihat penampilan Marching Band”, ungkapnya. “Apalagi melihat rampak gendang dan tari saman, sangat unik dan indah sekali”. 

KRI Dewaruci akan meninggalkan New York pada tanggal 30 Mei 2012 menuju Norfolk, Amerika Serikat. Kehadiran KRI Dewaruci di USA adalah untuk mengikuti Operation Sail 2012 di Amerika Serikat dalam rangka 200 Tahun Perang Besar (200th Anniversarry of the War). Selain itu, pelayaran ini juga menjadi ajang promosi pariwisata Indonesia dimana telah menjalin bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekkraf) untuk mempromosikan atraksi budaya dan beragam destinasi wisata di Indonesia.

Dapat dikatakan pelayaran KRI Dewaruci ini akan menjadi fenomenal karena menjadi misi pelayaran yang terakhir dalam misi “Kartika Jala Krida” (KJK). Muhibah kapal layar KRI Dewaruci berangkat dari Dermaga Koarmatim Ujung Surabaya pada 14 Januari 2012 dan tiba kembali di Surabaya pada 16 Oktober 2012.

Laporan langsung Kapten Laut (KH) Sapto Budiarso untuk www.indonesia.travel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar