Selasa, 01 Mei 2012

KRI Dewaruci Sandar di Miami (USA): Bersua dengan Indonesian Comunity

Ditulis 1 May 2012 pukul 12:37 viewer 147
KRI Dewaruci sandar di Dermaga Miami (USA) pada Sabtu (28/4) pukul 11.30 waktu setempat. Sebelumnya  Dewaruci telah menempuh jarak sejauh 851 mil dari New Orleans (USA). Jadwal tiba kapal layar legendaris tersebut lebih cepat tiga hari dari 8 hari yang diperkirakan karena kecepatan kapal mencapai 7 sampai 8 knot tiap harinya.

Saat merapat di Dermaga Miami, tidak ada parade rool, GS mini, ataupun tarian di geladak kapal Dewaruci. Itu karena sandarnya KRI Dewaruci kali ini tidak termasuk dalam rangkaian kegiatan Oporation Sail 2012 tetapi untuk menjemput kedatangan Kadet AAL angkatan ke-59 yang terbang dari Surabaya dan akan onboard di kapal untuk mengikuti pelatihan hingga awal Juli mendatang.

Sejak Senin (1/5), para kadet tersebut akan dilatih sesuai kurikulum pendidikan AAL hingga mereka tiba di Boston lalu kembali lagi dari sana ke Akademi Angkatan Laut (AAL) di Surabaya. Sekira dua bulan mereka akan dilatih di atas kapal termasuk keterampilan beberapa atraksi kesenian daerah untuk ditampilkan saat sandar nanti dan dalam cocktail party.

KRI Dewaruci telah berperan sebagai wadah pelatihan bagi taruna AL TNI agar mereka menguasai keterampilan navigasi, terutama astronomi untuk palayaran dan penguasaan operasional Angkatan Laut.

Komandan KRI Dewaruci Letkol Laut (P) Haris Bima Bayuseto didampingi Palaksa Mayor Laut (P) Osben Alibos Naibaho mendapat sambutan sederhana dari City Commisioner. Kedua pihak kemudian saling tukar-menukar cenderamata. Meski sederhana, beberapa perwakilan ABK mengenakan pakaian daerah dan berdiri gagah berjejer di atas kapal buatan tahun 1953 itu.

Pada Minggu (29/4) digelar cocktail party terbatas di Dermaga J Miami dengan mengundang Indonesian Comunity yang berdomisili di Miami, Florida dan sekitarnya. Hadir juga dalam acara tersebut Athase Pertahanan Laut (Athal) untuk Amerika Serikat, Koloenel Laut (KH) Anwar Saadi, Konsul Jenderal Republik Indonesia di Houston, Bapak Al Busira Basnur, dan ratusan warga Indonesia. 

Dermaga J Miami sendiri adalah dermaga yang tertutup untuk umum. Proses masuk ke dermaga sendiri menuju KRI Dewaruci cukup ketat. Oleh karena itu, tidak digelar open ships mengundang warga Miami untuk melihat kapal layar kebanggaan Indonesia ini.

Meski demikian, kegiatan cocktail party ini mendapat mendapat sambutan meriah dari Indonesian Comunity. Ditampilkan beberapa tarian daerah seperti badindin (Minangkabau, Sumatera Barat), reog ponorogo (Ponorogo, Jawa Timur), dan rampak gendang (Jawa Barat). Atraksi kesenian daerah tersebut dikolaborasikan dengan band Dewaruci.

Warga Indonesia nampak antusias berfoto dan seakan melepas rindu sudah lama tidak pulang kampung. Mereka terhibur dengan lagu-lagu khas Indonesia seperti dangdut, campur sari, dan lagu-lagu daerah sembari begoyang bersama. Dalam acara cocktail party ini juga dihidangkan beragam makanan khas Indonesia seperti nasi goreng, bakso, rendang, dan lainnya.

Muhibah KRI Dewaruci mengelilingi dunia tahun 2012 ini adalah misi diplomasi dan edukasi. Selain itu, pelayaran kali ini juga menjadi ajang promosi pariwisata Indonesia dimana telah menjalin bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekkraf) untuk mempromosikan atraksi budaya dan beragam destinasi wisata Indonesia. Tujuan utama muhibah KRI Dewaruci sendiri di tahun ini adalah untuk mengikuti Operation Sail 2012 di Amerika Serikat dalam rangka 200 Tahun Perang Besar (200th Anniversarry of the War).

Laporan langsung Kapten Laut (KH) Sapto Budiarso melalui www.indonesia.travel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar