Rabu, 29 Agustus 2012

KRI DEWARUCI BERLABUH DI TANAH SUCI

 
Kapal Latih TNI AL KRI Dewaruci, Selasa (28/8/2012) berlabuh di Dermaga Jeddah, Arab Saudi. Sandarnya kapal layar ini masih dalam rangkaian muhibah keliling dunia kedua, setelah tahun 1964. Rangkaian kegiatan Operation Sail (Opsail) 2012 di Amerika Serikat dalam rangka 200 Tahun Perang Besar (200th Anniversarry of the War) telah usai. Sejak meninggalkan Amerika Serikat kapal legendaris ini meneruskan pelayarannya melewati Benua Eropa, Afrika dan kini telah memasuki Asia dalam hitungan lebih dari tujuh bulan sejak meninggalkan Dermaga Ujung Surabaya, tepatnya hari ke-226.
Acara penyambutan resmi dilaksanakan begitu kapal merapat di dermaga oleh pejabat KJRI, Konsulat Jenderal (Konjen) RI di Jeddah diwakili oleh Wakil Konjen Cahyono Rustam beserta staf, Atase Pertahanan Riyadh diwakili oleh Asisten Atase Pertahanan, Mayor Laut (KH) Khasan S., dan tak ketinggalan diramaikan oleh siswa Sekolah Indonesia Jeddah (SIJ) dan beberapa staf pengajarnya. Acara dilanjutkan dengan kunjungan kehormatan Komandan KRI Dewaruci, Letkol Laut (P) Haris Bima Bayuseto kepada Kepala Pelabuhan, Komandan Pengamanan Pelabuhan dan Konjen RI di Jeddah sedangkan ke Panglima Armada Barat Jeddah direncanakan hari Rabu (29/8). Tak ketinggalan koordinasi bekal ulang, kartu pass pelabuhan, pasport dan kegiatan umroh untuk ABK beragama Islam menjadi kesibukan dari awak kapal.
Pakaian umroh dan tas kecil sudah dibagikan ke ABK karena sore hari pukul 17.00 waktu setempat rombongan akan berangkat menuju Madinah. Karena selain kegiatan dinas, misi diplomasi, promosi internasional kebudayaan Indonesia, destinasi wisata Indonesia selama di Jeddah seluruh ABK beragama islam melaksanakan umroh yang dibagi menjadi dua gelombang.
Rencana kegiatan tersebut diawali dengan ziarah ke Masjid Nabawi Madinah, miqat bir ali untuk melaksanakan ihram dilanjutkan ke Makkah untuk melaksanakan ibadah umroh serta i’tikaf di Masjidil haram. Dan pada tanggal 31 Agustus 2012 kapal berusia hampir 60 tahun ini akan meninggalkan Jeddah menuju Salalah, Oman.

 
posted @ Tuesday, August 28, 2012 11:32 PM by Dispenal Mabesal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar