Kamis, 09 Agustus 2012

KRI Dewaruci Singgah di Cadiz

KRI Dewaruci Singgah di Cadiz
 

Jakarta, Wartakotalive.com
Di bawah komandan Letkol (P) Haris Bima Bayuseto, KRI Dewaruci berkelana lagi menjelajah dunia sejak Januari 2012. Salah satu tujuannya adalah berkunjung ke Cadiz, Spanyol.
Dubes RI untuk Kerajaan Spanyol, Ibu Adiyatwidi Adiwoso Asmady, dalam sambutan di acara cocktail di geladak KRI Dewaruci, menyatakan bangga atas kerja keras, ketangguhan, dan kerja sama para ABK dan Perwira KRI Dewaruci, yang telah berlayar selama lebih kurang enam bulan dari Indonesia hingga Cadiz. Demikian diberitakan Antara.
Counsellor KBRI Madrid, Theodorus Satrio Nugroho, menyebutkan hal membanggakan lainnya adalah KRI Dewaruci telah memperoleh juara umum American Tall Ship Race 2012 di AS pada bulan Juni lalu.
Kunjungan ke Cadiz ini memberikan arti penting, karena Cadiz adalah pelabuhan tempat Columbus berlayar ke benua Amerika untuk yang kedua kalinya pada tahun 1493.
Dengan Indonesia sebagai negara kepualauan tebesar di dunia, maka terdapat potensi untuk kerja sama di berbagai bidang, seperti pembuatan kapal maupun manajemen pelabuhan.
Acara cocktail dihadiri sekitar 100 undangan, termasuk Wakil Walikota Cadiz, Komandan Angkatan Laut Rota, serta Komandan Kapal Perang Spanyol. Para undangan mendapat suguhan makanan khas Indonesia, seperti bakso, nasi goreng, bakmi, dan rempeyek, yang disiapkan juru masak dari KRI Dewaruci. Acara ini dimeriahkan pula dengan pertunjukan "artis" ABK KRI Dewaruci dengan tarian Badindin, Reog, dan iringan musik band dan kendang Sunda.
Komandan KRI Dewaruci, Letkol (P) Hari Bima mengatakan, merasa bangga dengan pelayaran keliling dunia ini, karena ini merupakan pelayaran keliling dunia yang kedua setelah pelayaran yang sama pada tahun 1964.
Pelayaran keliling dunia ini diperkirakan menghabiskan waktu sebanyak 9 bulan dengan mengunjungi empat benua Asia, Amerika, Eropa, dan Afrika dengan total jarak tempuh sekitart 43 .500 km. BK / av

Tidak ada komentar:

Posting Komentar