Selasa, 02 Oktober 2012

Juara di American Tall Ship 2012, KRI Dewaruci Singgahi Belawan


Wahyudi Siregar - Okezone
Senin, 01 Oktober 2012 16:44 wib
KRI Dewaruci (nationalgeographics.co.id)
KRI Dewaruci (nationalgeographics.co.id)
MEDAN – Kapal layar kebanggaan Indonesia, KRI Dewaruci, akhirnya tiba di Tanah Air sekira pukul 14.00 WIB. Kapal yang tengah berlayar dalam rangka Opsail 2012 itu, telah keluar negeri sebanyak 40 kali dan bersandar pertama kali di Pelabuhan Lantamal I Belawan, Medan, Sumatera Utara, untuk dapat disaksikan masyarakat setelah memenangkan Kejuaraan American Tall Ship Race 2012, dan selanjutnya akan berlayar kembali menuju Surabaya.

Komandan KRI Dewaruci, Letkol Laut Haris Bima Bayuseto, mengaku bangga dapat mempertontonkan KRI Dewaruci pada masyarakat Medan. Dia berharap masyarakat dapat merasakan kebanggaan para pelaut Indonesia setelah meraih gelar juara untuk jenis kapal layar di ajang internasional tersebut.

“Alhamdulillah, kami sangat bangga dengan kapal ini. Kami pun ingin berbagi kebanggaan mendapat prestasi itu dengan masyarakat, karena di sejumlah negara lain kami juga disambut dengan sangat meriah. Kami berlabuh di sini dalam kerangka perjalanan dari perlombaan American Tall Ship Race 2012 yang merupakan pelayaran dari Savanah ke New York," paparnya.

Haris menyebutkan, Kapal yang dipimpinnya itu akan bersandar selama tiga hari di Belawan, dan masyarakat dipersilakan untuk melihat dari dekat kapal latih itu.

“Kita undang masyarakat untuk melihat dari dekat. Kapal ini kan tidak selalu ada di sini. Setelah berlayar 277 hari dari Surabaya ke Jayapura, Kwajalein (AS), Honolulu, San Diego (AS), Manzanillo (Meksiko), Panama, New Orleans (AS), Miami (AS), Savannah (AS), New York (AS), Norfolk (AS), Baltimore (AS), Boston (AS). Kemudian lanjut ke Saint John (Kanada), Porto (Portugal), Cadiz (Spanyol), Malta (Malta), Port Said (Mesir), Jeddah (Arab Saudi), Shalala (Oman), Colombo (Sri Lanka), dan ini tiga hari di Belawan, kami akan ke Jakarta, untuk kemudian berhenti di Surabaya,” bebernya.

Untuk diketahui, dalam pelayaran Opsail 2012 ini, Dewaruci diawaki 77 personel, termasuk kapten kapal. Sebelumnya 103 kadet Akademi Angkatan Laut juga menumpang kapal ini dari Miami menuju Boston. Namun, seluruhnya telah pulang terlebih dahulu menggunakan pesawat udara dari Boston menuju Indonesia.
(ris)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar