Selasa, 02 Oktober 2012

KRI DEWARUCI SANDAR DI BELAWAN


 
Setelah melanglang buana mengelilingi dunia sejak 15 Januari 2012, KRI Dewaruci kembali memasuki Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan sandar di Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) I Belawan, Medan (1/10/12).
Penyambutan kapal legendaris di Belawan, dipimpin oleh Wadan Lantamal I, Kolonel Marinir Yuniar Ludfi beserta pejabat teras Lantamal I dan prajurit TNI AL lainnya serta satu peleton Satsik yang menyambut di dermaga. Para pejabat teras selanjutnya memasuki kapal dan di jamu di ruang salon sebagai tamu oleh Komandan KRI Dewaruci,beserta perwira dan Anak Buah Kapal (ABK) lainnya.
Etape ke-22 dari Colombo, Sri Lanka menuju Belawan dengan jarak tempuh 1.285 Nautical mil telah dilewati dengan selamat dengan mengarungi Samudera Hindia. Perasaan plong muncul ketika kapal layar milik TNI Angkatan Laut memasuki perairan Indonesia dua hari lalu (29/9/12) tepatnya pukul 16.00 dan disusul melewati pulau terluar NKRI yaitu pulau Weh.
Sebelum merapat di dermaga, di atas kapal dilaksanakan upacara pelaporan kenaikan pangkat, satu orang perwira kesehatan, Kapten Laut (K) dr. Bangun Pramujo. Upacara pelaporan pangkat dilaksanakan di lounge room perwira dipimpin oleh Komandan KRI Dewaruci, Letkol Laut (P) Haris Bima Bayuseto dilanjutkan foto bersama dan ucapan selamat di geladak H.
KRI Dewaruci akan berada di Belawan sampai tanggal 4 Oktober 2012 kemudian melanjutkan perjalanan menuju Jakarta.
Pelayaran tahun ini merupakan pelayaran paling lama dibandingkan pelayaran-pelayaran sebelumnya, tepatnya 277 hari atau lebih dari sembilan bulan. Rute yang ditempuh merupakan rute terjauh, lebih dari 27.000 Nautical mil selama hampir 60 tahun. Tetapi semangat 77 orang kru kapal dengan 16 layar ini tak pudar sedikitpun, banyak ABK yang mengatakan semangatnya sama seperti saat berangkat, delapan bulan silam bahkan banyak yang lebih semangat lagi diujung penugasan tahun ini.
Operation Sail 2012 (Opsail 2012) USA sebagai bagian dari pelayaran dapat diselesaikan dengan gemilang, misi diplomasi, edukasi dan promosi pariwisata Indonesia di luar negeri juga berjalan dengan sukses. Dalam hitungan hari lagi Dewaruci akan sampai di Surabaya sebagai pangkalannya yaitu Komando Armada RI Kawasan Timur.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar