Kamis, 11 Oktober 2012

KRI Dewaruci Tiba Di Jakarta, Disambut Kasal dan Pangkotama TNI AL


Surabaya, 11 Oktober 2012
Kapal layar tiang tinggi yang menjadi satu-satunya kapal latih Kadet Akademi  Angkatan Laut, KRI Dewaruci  (11/10) telah tiba di  Dermaga Komando Lintas Laut Militer ( Kolinlamil) Jakarta. Kedatangan kapal tersebut disambut  Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana  TNI Soeparno beserta Ketua Umum Jalasenastri NY. Lilik Soeparno, Wakil Kepala Staf dan para Pangkotama TNI AL serta para undangan lainnya.

Acara  penyambutan KRI Dewaruci di awali dengan sailing pas  sejumlah kapal layar jenis Yacht,  jetski dari Teluk Jakarta hingga Dermaga  Kolinlamil, sementara itu para kadet Akademi TNI AL melaksanakan peran parade roll. Setelah kapal sandar, Komandan KRI Dewaruci Letkol Laut (P) Haris Bima Bayuseto turun dari kapal untuk menerima ucapan selamat datang dari Kasal dan Ketua Umum Jalasenastri Ny. Lilik Soeparno .

Kepada  seluruh Prajurit KRI Dewaruci yang mengikuti pelayaran keliling Dunia 2012 di berikan penghargaan sebuan pin keliling dunia. Penyematan Pin  tersebut secara simbolis di berikan  Kasal kepada Laksamana Pertama TNI Darwanto,SH, MAP yang pernah keliling dunia denganKRI Arung Samudera serta  kepada Komandan KRI Dewaruci Letkol Laut(P) Haris Bima Bayuseto yang telah berhasil melaksanakan misi keliling dunia 2012. Kemudian Kasal memberikan pengarahan kepada seluruh prajurit KRI Dewaruci di teruskan pemberian ucapan selamat.


Pelayaran 2012 kali ini, kapal latih tiang tinggi yang telah berusia setengah abat lebih ini membawa misi  muhibah ke luar negeri untuk mengikuti  Operation  Sail 2012 di Amerika Serikat  dalam rangka memperingati  200 Tahun Ulang Tahun  Perang Besar  ( 200th Annyversary of the war) serta mendukung Latihan praktek  pelayaran Astronomi  tahun 2012 Kadet Akademi TNI AL tingkat II angkatan59.

Sedangkan  keliling dunia 2012 KRI Dewaruci mengemban  misi  meningkatkan  awareness terhadap destinasi  khususnya pariwisata  Indonesia melalui  promosi “ Wonderful Indonesia”. Misi tersebut berdasarkan perjanjian kerjasama  Kementrian Pariwisata  dan Ekonomi Kreatif dengan TNI AL yang telah di tanda tangani oleh Kasal  Laksamana TNI Soeparno dengan  Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dr. Sapta Nirwandar pada saat upacara pemberangkatan KRI DWR di Koarmatim(15/1).

KRI Dewaruci sendiri dalam pelayaran keliling dunia kali ini telah menyelesailan  pelayaran sepanjang  277 hari dengan jarak tempuh 27.006 Nautical Mile melalui rute  Surabaya-Jayapura- Kwajelain-Honolulu- San Diego- Mexico-Panama-Miami-Savannah-New York-Norfolk- Baltimore- Massaschets- Boston-Canada-Portugal-spanyol – Malta- Mesir Saudi Arabia-Oman-Sri Lanka- Belawan-Jakarta kemudian nanti terakhir di Surabaya.

Persinggahan di luar negeri KRI Dewaruci  selalu menampilkan berbagai kesenian di acara coctail party yang diadakan dan selalu mendapat sambutan positif. Prajurit KRI Dewaruci ternyata sangat enjoy menampilkan kesenian tersebut, ini yang sangat di bangggakan karena tidak disangka oleh para pengunjung yang hadir bahwa mereka ini prajurit KRI Dewaruci. (Dispenarmatim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar