Rabu, 17 Oktober 2012

KRI Dewaruci Tiba di Surabaya usai Keliling Dunia


TEMPO.CO , Surabaya: Setelah berkeliling dunia sejak 14 Januari 2012, KRI Dewaruci, Rabu pagi, 17 Oktober 2012, kembali ke pangkalannya di dermaga ujung Komando TNI AL Armada Timur (Koarmatim) Surabaya.

KRI Dewaruci sendiri membawa 69 kadet tingkat III Akademi TNI AL, yang terdiri dari 43 kadet korps pelaut, 10 korps elektronika, serta 16 kadet dari korps teknik. Selain itu, enam dosen akademi TNI AL juga turut serta.

"Untuk sementara KRI Dewaruci masih akan digunakan sampai nanti ada penggantinya," kata Wakil Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Madya Marsetio, di sela memimpin upacara penyambutan kedatangan KRI Dewaruci, Rabu siang.

Bahkan, kata Marsetio, selama dua tahun ke depan beberapa event kemaritiman dunia masih tetap akan mengikutkan KRI Dewaruci.

Sebagai pengganti, TNI AL saat ini masih mempertimbangkan untuk memesan di beberapa galangan kapal. "Masih menunggu Kementerian Pertahanan. Ada tiga negara yang menawarkan galanganya," ujarnya.

Selama 60 tahun, KRI Dewaruci, setidaknya telah melakukan 44 kali pelayaran keliling berbagai negara. Mayoritas kepala Staf TNI Angkatan Laut bahkan pernah mengarungi samudera menggunakan kapal legendaris ini.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sapta Nirwandar, yang juga turut hadir dalam upacara penyambutan, mengatakan perjalanan keliling dunia yang dilakukan KRI Dewaruci telah memberikan nilai positif dalam perkembangan budaya dan pariwisata Indonesia. "Setiap awak kapal sekaligus sebagai duta budaya dan pariwisata yang mengharumkan nama bangsa," kata Sapta.

Sekadar diketahui, dalam perjalanannya sejak 14 Januari silam, KRI Dewaruci telah menempuh jarak 27 ribu lebih nautical mile. Berangkat dari Surabaya, KRI Dewaruci saat itu langsung menuju Jayapura, lantas dilanjutkan ke beberapa negara di Amerika di antaranya Kwajelein, Honolulu, San Diego, New Orleans, Miami, Charleston, New York, Baltimore, serta Boston.

Selain itu, ke Manzanillo Meksiko; Saint John, Kanada; Porto, Portugal; Cadiz, Spayol; Malta Port Said, Mesir; Jeddah, Arab Saudi; Salalah, Oman; Colombo, Srilangka; dan kembali ke Belawan lantas Jakarta dan kembali lagi ke Surabaya.

Dalam sejarahnya, perjalanan pertama KRI ini dilakukan pada 196. Dalam perjalanan keliling dunia ini, KRI Dewaruci dipimpin oleh Letkol Laut (P) Haris Bima Bayuseto.

Sementara itu, upacara penyambutan KRI Dewaruci Rabu siang juga diramaikan oleh ratusan keluarga dari para awak kapal.

FATKHURROHMAN TAUFIQ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar