Kamis, 11 Oktober 2012

Markas Besar TNI AL Sambut Kedatangan KRI Dewaruci


KOMPAS.com/Robertus Belarminus KRI Dewaruci tiba di Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Tanjung Priok, Jakarta Utara. Kamis (11/10/2012).

 
JAKARTA, KOMPAS.com — TNI Angkatan Laut (AL), Kamis (11/10/2012) ini, menyambut kedatangan Tall Ship TNI AL KRI Dewaruci di Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Tanjung Priok, Jakarta Utara. KRI Dewaruci berlayar sepulangnya dari mengikuti Operation Sail 2012 di Amerika Serikat dalam rangka memperingati 200 Tahun Perang Besar (200th Anniversary of the War).
Selain misi tersebut, KRI Dewaruci juga mengemban misi Duta Pariwisata Indonesia untuk meningkatkan awareness terhadap destinasi, khususnya pariwisata Indonesia melalui promosi Wonderful Indonesia di dunia internasional. Misi itu berdasarkan piagam perjanjian kerja sama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI (Kemenparekraf) dengan TNI AL.
"Dipilihnya KRI Dewaruci sebagai Duta Pariwisata Indonesia dengan sasaran masyarakat setempat dan fans KRI Dewaruci di 21 negara pada empat benua yang disinggahi sebagai upaya citra pariwisata untuk merealisasikan target kunjungan wisatawan turis maritim dari mancanegara yang hendak dibidik," kata Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut Laksamana Pertama TNI Untung Suropati dalam siaran pers yang diberikan Dinas Penerangan (Dispen) Markas Besar Angkatan Laut (Mabes AL) kepada wartawan, Kamis (11/10/2012).
Dalam siaran pers tersebut, pelayaran KRI Dewaruci merupakan yang ke-44 kalinya dan telah menyinggahi 21 negara di Asia, Afrika, Amerika Serikat, dan Eropa. KRI Dewaruci mulai berlayar keliling dunia pada tahun 1964, yang saat itu di bawah Komandan Letkol Laut (P) Sumantri atas perintah Presiden Soekarno.
Dalam misi yang dilakukan tahun ini, KRI Dewaruci sudah berlayar selama 227 hari dengan jarak tempuh 27.006 Nautical Mile. Kapal tiang tinggi tersebut telah melalui rute yang dimulai dari Surabaya, kemudian dilanjutkan ke banyak kota pada sejumlah negara di luar negeri dan hari ini kembali ke Jakarta untuk selanjutnya akan berakhir di Surabaya pada Selasa (16/10/2012).
Sementara itu, acara penyambutan KRI Dewaruci akan diawali dengan Sailing Pass sejumlah kapal layar jenis yacht dan jetski dari Teluk Jakarta sampai sandar di Dermaga Kolinlamil. Para kadet Akademi AL turut melaksanakan Parade Roll. Sejumlah tari-tarian pun dilakukan untuk menghibur peserta acara. Menurut rencana, acara penyambutan itu akan dihadiri sejumlah pihak, di antaranya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Maria Elka Pangestu, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Soeparno bersama sejumlah Kemenparekraf, pejabat teras Mabes TNI Angkatan Laut, dan para pemimpin Kotama TNI AL.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar