Selasa, 02 Oktober 2012

Siap Gelar ‘Openship’ di Dermaga Lantamal I Rangkaian 277 Hari Keliling Dunia, KRI Dewaruci Singgah di Belawan



(Analisa/m ali akbar) Kapal layar tiang tiga KRI Dewaruci saat sandar di Dermaga Mako Lantamal I Belawan dalam rangkaian 277 hari keliling dunia, Senin (1/10). Direncanakan kapal kebanggaan bangsa Indonesia ini menggelar ‘openship’ selama empat hari.
Belawan, (Analisa). Dalam rangkaian 277 hari keliling dunia, KRI Dewaruci menyinggahi Dermaga Mako Pangkalan Utama TNI AL I (Lantamal I) Belawan, Senin (1/10) siang. Direncanakan selama empat hari kapal layar tiang tiga kebanggaan Indonesia tersebut akan menggelar ‘openship’ bagi masyarakat Sumut.
Menurut Komandan KRI Dewaruci Letkol Laut (P) Haris Bima Bayuseto, kapal buatan Jerman yang mulai layar sejak tahun 1953 silam itu kini berusia 59 tahun. Di tahun 2012 ini KRI Dewaruci yang aktif mengikuti berbagai event internasional, berhasil menorehkan penghargaan bergengsi sekaligus juara di festival American Tall Ship 2012.

Dalam lawatan keliling dunia di 12 negara, meskipun usia kapal sudah relatif tua namun masih layak layar. "Ini merupakan pelayaran ke-40 yang telah dilalui KRI Dewaruci,"kata Bima yang disambut Wadan Lantamal I Kolonel Marinir Yuniar Ludfi dan jajaran Kadis Lantamal I.

Saat perjalanan muhibah ini, sambungnya, KRI Dewaruci membawa 103 kadet AAL dan sempat menghadapi ganasnya terjangan ombak setinggi 12 meter di Samudera Pasifik.

Disebutkan para kadet juga melakukan serangkaian acara menghibur di Kota New York. Salah satunya adalah dengan menggelar panggung hiburan dan artaksi Marching Band Genderang Suling Gita Jala Taruna.

Penampilan Kadet AAL tingkat II dilanjutkan rampak gendang yang berkolaborasi bersama band dan tari saman. "Penampilan mereka di atas panggung telah disediakan oleh panitia ‘Operation Sail’ (Opsail) 2012 dengan durasi waktu selama 45 menit,"paparnya.

Selama empat hari di Mako Lantamal I, KRI Dewaruci memberikan kesempatan kepada para pelajar di Sumut untuk naik ke atas kapal sekaligus mengenal lebih dekat kapal layar kebanggan bangsa Indonesia tersebut.

"Kami dengan senang hati memperkenalkan kapal layar yang memiliki segudang prestasi ini kepada masyarakat Sumut," tambah Bima didampingi Kadispen Lantamal I Mayor Marinir Hesronta Sinuhaji.

Nantinya setelah dari Belawan, KRI Dewa Ruci akan bertolak ke Jakarta dan kembali ke pangkalan di Surabaya. Sebelumnya mereka telah melayari berbagai negara luar seperti Meksiko, Portugal, Spanyol, Mesir, Arab Saudi, Oman, dan terakhir Srilanka.

Dia berharap KRI Dewaruci masih bisa terus berlayar mendekati usia ke 60 pada 15 Januari 2013 mendatang. Hal ini mengingat perawatan kapal ini masih cukup bagus. (maa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar